Tips Menentukan Hari Pernikahan

Pernikahan tentu bukan sekedar menyatukan dua jiwa, melainkan juga penyatuan dua keluarga besar.  Seringkali dua keluarga besar ini memiliki budaya, nilai norma, dan adat istiadat yang berbeda. Hal ini termasuk mengenai menentukan hari pernikahan. Bagaimana cara menentukan dengan bijak ?


Sangatlah penting untuk menentukan hari pernikahan dengan baik dan bijaksana. Seringkali keluarga menginginkan pernikahan berlangsung pada hari yang "baik". Dalam hal ini, "baik" yang dimaksudkan tentunya adalah hari yang telah disetujui oleh kedua keluarga mempelai.

Sebelum melangkah pada hasil penentuan hari pernikahan, tentulah diawali dengan menentukan hari bertemunya dua keluarga beserta mempelai pengantin untuk merundingkan perihal ini. Menentukan waktu bertemu menjadi sangat penting ketika kedua belah pihak memiliki kesibukan masing-masing.

Musyawarah merupakan solusi terbaik. Siapa saja yang perlu bermusyawarah ? Ada 3 pihak utama yang perlu ikut serta dalam musyawarah ini, yaitu kedua mempelai, keluarga mempelai pria, dan kedua mempelai wanita.

Faktor-faktor yang umum menjadi pertimbangan antara lain kesiapan ekonomi, baik untuk menyelenggarakan pernikahan, maupun kesiapan ekonomi kedua mempelai untuk menjalani kehidupan.

Hari pernikahan / akad nikah dan hari resepsi bisa sama, bisa pula berbeda hari. Hal ini tentu disesuaikan dengan pertimbangan teknis antar keluarg, maupun anggaran yang tersedia. Alangkah baiknya bila keduanya tidak berjarak terlampau jauh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar